Saturday, September 10, 2016

Tips Membeli Sepeda Motor Bekas Secara Cerdas

Bagi anda yg karena keterbatasan dana atau karena alasan yg lain tidak bisa membeli sepeda motor baru, jangan kuatir untuk mencoba membeli sepeda motor bekas. Tidak ada yg salah dgn membeli sepeda motor bekas, hanya memang perlu sedikit kehati-hatian karena motor bekas telah dipakai beberapa waktu lamanya dan tentu kondisinya berbeda dgn motor yg baru.
Berikut beberapa tips bagi anda yg ingin memebeli sepeda motor bekas :

A. Tentukan budget yg akan anda gunakan untuk membeli motor. Budget ini penting untuk membatasi kita agar kita tidak tergiur untuk membelanjakan uang kita berlebihan yg berakibat kita jadi over budget nantinya. Juga jangan lupa setelah anda membeli motor bekas anda perlu membawanya ke bengkel untuk mengecek kondisi motor dan servis jg tentunya (ganti oli, ganti komponen yg aus dsb) yg ini tentu saja akan memerlukan tambahan biaya lagi.

B. Tentukan jenis motor yg ingin anda beli, apakah motor dgn kopling, tanpa kopling, model motor cowok atau motor bebek, pake persneling ataukah matik (tanpa persneling)

C  Cek kisaran harga motor bekas di pasaran.Setelah anda menentukan motor incaran anda, cek kisaran harga motor tersebut dipasaran. Yg perlu anda bandingkan adalah tahun pembuatan motor, cc sepeda motor tsb, kota dimana plat motor tsb dibuat. Tapi ingat meskipun tahun pembuatan sama, cc motor sama, plat nya berasal dari kota yg sama, harga motor bisa berbeda-beda tergantung dari kondisi motornya. Ketika anda mengecek plat motor, yg perlu diingat adalah jangan hanya melihat plat yg menempel pd motor saja, tetapi cek jg STNK motornya, karena bisa jadi motor tersebut adalah mutasi dari kota lain, misalnya motor asalnya dari Jakarta, tetapi karena      dibawa ke Jogja, maka motor tersebut dimutasi ke Jogja. Dari STNK motor kita bisa tahu mutasi motor ini cukup dgn melihat “No. Polisi Lama” yg ada pd data di STNK seperti pd gambar berikut 
     


D. Kondisi Fisik
Kondisi fisik motor adalah keadaan motor yg bisa dilihat dengan mata, didengar dengan telinga, dirasakan dgn panca indera (bisa indera peraba, indera penciuman dan sebagainya).
Kondisi Fisik ini meliputi :
  1. Tampilan motor : kondisi cat, stripping/sticker motor (apakah mulus atau banyak lecetnya)
  2. Liat bagian per/pegas depan dan belakang apakah bersih ataukan ada kebocoran oli, kalau kondisi pegas kotor/berminyak, bisa jadi oli pegasnya bocor dan anda harus mengganti yg baru nantinya
  3. Cek kondisi mesin motor tersebut , apalah ada kebocoran2 misalnya pd tangki bahan bakar, saluran knalpot, minyak remnya, silinder blok dan blok mesinnya. Kalau ada kebocoran2, dipastikan anda harus memperbaiki nantinya agar kondisi motor tidak semakin parah. Kalau tidak ada kebocoran/rembesan berarti motor dalam kondisi baik dan tidak memerlukan perbaikan
  4. Cek kondisi baut2, mur, sekrup yg ada pada motor tsb. Kalau baut2, mur2 dan sekrupnya masih mulus, bisa dipastikan motor tersebut masih bagus, belum pernah dibongkar pasang/turun mesin sebelumnya. Namun bila ada tanda2 bekas dibuka (mur, baut dan sekrup lecet/tidak mulus, berubah bentuk dsb), anda perlu waspada, bisa dipastikan mur, baut dan sekrup tsb sering dibuka tutup dan ada masalah pd motor yg berkaitan dgn mur, baut dan sekrup tsb sehingga sering dibuka tutup
  5. Cek kondisi ban motor, apakah ban motor masih baru ataukah sudah perlu diganti. Ciri ban motor yg sudah perlu diganti adalah ban motor tsb sudah halus, alur2 yg ada pada ban sudah dangkal/tidak kelihatan. Juga bisa dilihat dari indikator yg ada pada ban itu sendiri yg menunjukkan tanda perlu dilakukan penggantian ban.                                                                      
  6. Setelah mengecek kondisi motor secara visual, sekarang coba nyalakan motor dan gunakan indera pendengaran anda :). Setelah motor dinyalakan cek kondisi kelistrikan motor, apakah electric starternya bisa berfungsi (kalau ada), apakah lampu2 menyala semua, lampu depan, lampu belakang, lampu jauh, lampu dekat, lampu reting kanan, lampu reting kiri, lampu rem, lampu2 dan indikator lain seperti oli, bahan bakar, lampu netral dsb. Juga perlu dicek kondisi speedometer, rpm/ tachometer dsb apakah sesuai dgn yg anda harapkan atau tidak. Kondisi aki jg anda perlu perhatikan, karena bisa jadi aki yg ada perlu segera dilakukan penggantian, atau bahkan tidak ada akinya.
  1. Dengarkan suara mesin motor : apakah kasar, berisik, ada suara abnormal lainnya. Jika suara mesin kasar bisa jadi ada masalah dalam blok mesinnya misalkan ring piston yg sudah aus, blok silinder yg sudah di oversize (ukuran diameter dibuat lebih besar dari yg seharusnya), dsb. Perlu juga diperhatikan apakah motor tetap menyala dalam kondisi langsam (gas dilepas). Pada kondisi langsam biasanya rpm motor sekitar 1500 rpm. Jika mesin motor dlm kondisi langsam tidak bisa menyala stabil (mesin mati ketika kondisi langsam) bisa jadi motornya bermasalah pd bagian mesinnya, entah di karburatornya/sistem injeksinya, businya, atau bagian mesin lainnya                                                                                                                                                                                                                                                                                        
  2. Setelah mesin dinyalakan dan motor dicek dlm keadaan diam, sekarang cek kondisi motor sambil menjalankan motor tsb. Rasakan kondisi motor ketika berjalan, apakah mesinnya stabil/tidak tersendat-sendat? tarikan gasnya enteng? bagaimana dgn perselingnya? Apakah terasa halus dan mudah ketika menambah atau mengurangi persneling?Cek pula kondisi remnya, apakah pakem ataukan kurang pakem? Kalau kurang pakem bisa jadi anda perlu mengganti kampas rem/minyak rem nantinya. Coba jalankan motor sekitar 40km/jam dan rem motor secara mendadak, bagaimana kondisi motor? Oleng atau masih stabil? Kalau sudah oleng bisa jadi ada masalah dgn kemudi/rangka motor atau velg roda depan/belakang, dan nantinya membuat anda perlu pergi ke bengkel press porok (fork) untuk memperbaiki kemudi/velg ban yg mungkin sudah tidak normal sebagaimana mestinya.                                                                                           
  3. Cek juga indikator km pd motor tsb, apakah masih berfungsi atau tidak. Usahakan membeli motor yg indikator km nya masih berfungsi, sebab indikator km ini penting terutama ketika kita mau mengganti bagian2 motor yg mulai aus/lama seperti rantai dan gear, oli mesin, kampas rem dsb. Motor yg pemakaiannya normal km-nya berkisar 10.000 km/tahun. Jika km-nya lebih dari itu berarti motor sering dipakai perjalanan jauh dan anda harus siap2 dana untuk mengganti bagian2 motor yg mulai aus walaupun motornya masih tergolong baru                                                                                                                                                                             
E. Kelengkapan Surat2 Sepeda Motor
Cek kelengkapan surat2 sepeda motor terutama adalah STNK dan BPKB. Hati2 pula dgn STNK dan BPKB palsu. Kalau anda ragu sebaiknya anda membandingkannya dgn yg asli.BPKB asli yg model baru biasanya ada logo hologram POLRI nya, berwarna coklat, total halaman 14 lembar dgn hal 5 - hal 10 untuk perubahan identitas kepemilikan kendaraan bermotor.
BPKB asli model lama berwarna biru, total halaman 22 lembar, dgn hal 5 – hal 16 untuk perubahan identitas.

Kalau motor masih tergolong baru, anda jg bisa meminta surat2 lain seperti Faktur Pembelian, Buku Service dsb. Cocokkanlah data2 pd BPKB dan STNK dgn data2 pd motor tsb dan pastikan semuanya sesuai. Data yg perlu dicocokkan terutama adalah nomor mesin dan nomor rangka motor yg tertulis pd BPKB/STNK dgn yg tertera pd motornya. Jika nomornya tidak sesuai, sebaiknya anda jangan membeli motor tsb, karena dikhawatirkan motor tsb hasil dari tindak kejahatan.
Perlu diperhatikan juga untuk motor dari hasil lelang perusahaan/instansi, selain surat2 diatas, harus pula dilengkapi dgn surat pelepasan kendaraan/surat bukti lelang kendaraan dari perusahaan atau instansi tsb. Ini untuk menghindarkan anda dari masalah di kemudiaan hari misalnya ketika ternyata orang tsb menjual motor perusahaan kpd anda tanpa sepengetahuan perusahaan tempatnya bekerja.

Demikian yg bisa saya bagikan bagi anda2 yg mau membeli motor bekas. Jangan ragu untuk menanyakan kondisi motor kepada penjual secara detail. Penjual yg baik akan menjelaskan kondisi motor secara jujur dan akan menjual dgn harga yg normal pula. Bertanyalah dgn sopan, jangan terkesan seperti polisi yg sedang menginterogasi pencuri motor :) dan tawarlah harga motor sesuai kondisi motor yg telah anda cek tsb disesuaikan dgn harga motor bekas dipasaran. Ketika anda sudah merasa tawaran anda sesuai dgn kondisi motor yg anda mau beli, namun si pembeli belum cocok dgn tawaran anda tsb, jangan ragu2 untuk mencari motor yg lain sebagai perbandingan, daripada anda tergesa-gesa dan merasa rugi di kemudian hari, ketika anda tahu motor tsb tidak sesuai dgn yg anda harapkan.
Dan ketika anda sebagai pembeli motor dan penjual telah tercapai kesepakatan ttng harga motor, mintalah kuitansi ketika anda telah membayar harga motor tsb. Kuitansi ini sebagai bukti bahwa anda telah membeli motor tsb dari penjual dan untuk melindungi anda, seandainya timbul masalah dikemudian hari.

Selamat berburu motor bekas, semoga anda mendapatkan motor yg terbaik sesuai yg anda inginkan :)



1 comment:

  1. Halo Bossku ^^
    Segera Daftarkan ID di ibu21,com
    Menyediakan 8 Permainan Hanya Dengan 1 ID
    Serta Tersedia Promo Menarik
    Bonus Turn Over Terbesar
    Bonus Refferal Seumur Hidup
    Minimal Deposit Hanya 25Rb
    BBM : csibuqq
    WA : +855 88 780 6060
    Di Tunggu Kehadirannya Bossku ^^

    ReplyDelete